Friday 25 May 2012

10 Patung Buddha Paling Terkenal di Dunia


10 Patung Buddha Paling Terkenal di Dunia


Sebuah website travelling, touropia.com, membuat peringkat 10 patung Buddha yang paling terkenal di dunia. Sebagai sebuah website travelling, tentu saja indikator yang dipergunakan dalam pemeringkatan ini adalah popularitas dalam aspek wisata. Daftar ini dikeluarkan Mei 2009, tapi rasanya sampai sekarang pun tidak terlalu terjadi banyak perubahan. Sayangnya tidak ada nama Borobudur dalam daftar tersebut..

10. Hussain Sagar Buddha Statue, India
Patung Buddha yang terletak di tengah danau buatan di kota Hyderabad ini adalah salah satu patung Buddha paling terkenal di India. Patung ini tingginya 17 meter dan berat 320 ton. Patung monolitik satu-satunya tertinggi di India ini dipahat dari satu bongkah batu. Tragisnya, pada saat pemasangan patung ini di tahun 1992, patung terbalik dan jatuh ke danau, menyebabkan kematian 8 pekerja. Pemerintah India kemudian memperbaiki kembali patung dan sekarang menjadi salah satu daya tarik wisata utama di Hyderabad.

9. Tian Tan Buddha Statue, Hongkong
Patung Buddha Tian Tan oleh warga lokal sering disebut sebagai Buddha Besar. Terletak di Pulau Lantau, Hong Kong, patung ini merupakan ciri utama dari Po Lin Monastery yang dibentuk dari perunggu tahun 1993Patung ini merupakan simbol harmoni antara manusia, alam, masyarakat, dan agama. Nama patung Tian Tan Buddhadiambil karena bagian bawahnya merupakan replika dari Kuil Tian Tan (Kuil Surga) di Beijing. Patung Tian Tan dalam posisi duduk di singgasana lotus di atas tiga jenjang altar. Dengan tinggi 34 meter, Tian Tan Buddhadisimbolkan sebagai lambang ketenangan. Tangan kanan diangkat melambangkan menghilangkan penderitaan, sedangkan tangan kiri berada di lutut dalam postur tenang sebagai simbol kebahagiaan.

8. Monywa Buddha, Myanmar
Monywa adalah sebuah kota di Myanmar tengah yang terletak di pinggir Sungai Chindwin. Di sebelah kiri kota Monywa ada Po Khaung Taungsebuah barisan bukit dimana Anda bisa melihat Buddha Monywa, patung Buddha dalam posisi berbaring terbesar di dunia. Patung raksasa ini memiliki panjang total 90 meter. Patung Buddha Monywa dibangun pada 1991 dan kosong pada bagian dalam, sehingga wisatawan dapat berjalan dari kepala menuju kaki. Di dalam patung terdapat 9.000 gambar yang terbuat dari besi setinggi 1 kaki tentang Buddha dan murid-muridNya, menggambarkan berbagai kejadian penting dalam kehidupan Buddha. Kini malah sebuah patung Buddha dalam posisi berdiri terbesar di dunia dibangun di atas bukit Po Khaung dengan tinggi 132 meter.

7. Ayutthaya Buddha Head, Thailand
Kota Ayutthaya di Thailand memiliki salah satu patung Buddha yang tidak lazim. Di antara reruntuhan Wat Mahathat (vihara relik agung) terdapat patung Buddha dari batu paras yang telah hilang bagian badannya tetapi hanya tersisa bagian kepalanya tepat berada di dalam belitan akar pepohonan. Jadilah sebuah patung kepala Buddha yang unik yang seakan dibelit akar pepohonan.


6. Gal Viharaya, Srilanka
Terletak di Sri Lanka Tengah bagian utara, Polonnaruwa adalah salah satu situs patung Buddha paling mempesona. Gal Viharaya adalah vihara batu besar yang didirikan oleh Parakramabahu Agung pada abad ke-12. Pusat keindahan vihara ini terletak pada 4 patung Buddha besar yang dipahat di wajah menggunakan batuan granit. Di antara 4 patung Buddha besar ini terdapat patung Buddha berbaring sepanjang 14 meter dan patung Buddha berdiri yang tingginya 7 meter.

5. Ushiku Daibutsu, Jepang
Ushiku Daibutsu terletak di kota Ushiku, Jepang. Selesai pada 1995, patung ini adalah salah satu patung tertinggi di dunia, dengan total tinggi 120 meter, termasuk pondasi 10 meter dan platform berbentuk teratai 10 meter. Pengunjung dapat menggunakan lift untuk menuju platform, tempat dimana dek observasi berada. Patung dari perunggu ini menggambarkan Buddha Amitabha, dan dikenal sebagai Ushiku Arcadia.

4. Temple of the Reclining Buddha, Thailand
Terletak di Bangkok, Thailand, Wat Pho terkenal karena memiliki patung Buddha berbaring yang terbesar di Bangkok dan terbanyak di Thailand. Wat Pho merupakan salah satu vihara terbesar di Bangkok dan juga yang paling tua, dibangun sekitar 200 tahun sebelum Bangkok menjadi ibukota Thailand. Patung Buddha berbaring yang terbuat dari emas ini memiliki panjang 46 meter dan tinggi 15 meter, dibuat untuk memperingati Buddha ketika parinirvana (wafat)Mata dan kaki patung dihiasi dengan ukiran mutiara, di bagian kaki memperlihatkan 108 karakter tanda baik yang dimiliki oleh Buddha.

3. Great Buddha of Kamakura, Jepang
Kotoku-in adalah sebuah vihara Buddha di Jodo Shu yang terletak di kota Kamakura, Jepang. Vihara ini terkenal karena memiliki patung Buddha yang besar, dalam bahasa Jepang sering disebut sebagai Daibutsu Buddha.Buddha Agung Kamakura merupakan sebuah patung perunggu Amitabha Buddha. Dibuat dari perunggu, patung Buddha besar ini memiliki tinggi 13 meter dan berat hampir 93 ton. Patung ini dikabarkan dibangun pada tahun 1252 dan diyakini digagas oleh bhiksu Buddha Joko. Walaupun awalnya patung Buddha ini terletak di dalam vihara kayu kecil, sekarang patung Buddha besar ini terletak di area terbuka karena vihara asalnya tersapu tsunami pada abad ke-15.

2. Temple of the Emerald Buddha, Thailand
Vihara Buddha lain yang terkenal di Bangkok adalah Wat Phra Kaew, Vihara Buddha Zamrud, salah satu patung Buddha tertua dan terkenal di dunia. Vihara ini  terletak di dalam kompleks Istana Kerajaan Thailand. Berupa giok yang dibalut emas, menurut legenda, patung ini dibuat di India pada 43 SM di kota Pataliputra, dan berada di sana selama 300 tahun. Pada abad ke-4, patung ini dibawa ke Sri Lanka untuk menyelamatkannya dari perang. Kemudian patung ini dibawa ke Thailand dan dipindahkan ke Wat Phra Kaew pada tahun 1779. Patung ini memiliki tiga set pakaian emas, yang diganti oleh raja Thailand pada upacara pergantian musim.

1. Leshan Giant Buddha, China
Patung Buddha raksasa Leshan adalah sebuah mahakarya manusia. Patung Buddha besar ini dipahat di tebing area Gunung Emei yang langsung menghadap laut di Sichuan, Cina bagian barat. Di bagian kaki gunung terdapat Sungai Qingyi yang mengalir cukup pelan. Figur patung adalah Maitreya Bodhisattva dalam posisi duduk. Patung ini mulai dipahat pada tahun 773 pada masa Dinasti Tang dan baru selesai pada tahun 803, dengan melibatkan ribuan pemahat dan pekerja. Sebagai patung batu pahat Buddha terbesar di dunia, patung ini juga sering disebut-sebut dalam puisi, lagu, dan cerita. Pahatan patung ini memiliki tinggi 71 meter. Sebelum patung Buddha Bamiyan ditemukan, patung Buddha Leshan adalah patung terbesar dan tertinggi di dunia. UNESCO telah menjadikannya salah satu situs warisan dunia pada tahun 1996. (touropia.com)

0 comments:

Post a Comment