Thursday 7 June 2012

Umat Hindu Harus Dijadikan Contoh



Umat Hindu Harus Dijadikan Contoh

Kerukunan Umat Sedang Diuji
Umat Hindu Harus Dijadikan Contoh

Jakarta (Bali Post) Jumat, 11 Pebruari 2011.
Menteri Agama Suryadharma Ali mengingatkan agar umat beragama di Indonesia mencontoh umat Hindu dalam masalah toleransi dan kerukunan umat beragama. “Umat Hindu memiliki kearifan yang luar biasa, karena sampai dengan hari ini tidak pernah ada gesekan dengan umat mana pun,” katanya usai menerima Panitia Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933 di Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (10/2) kemarin.

Hadir dalam kesempatan tersebut, IBG Yudha Triguna (Penasihat), I Made Gde Erata (Ketua Umum PHDI), Erlangga Mantik (Ketua Umum Panitia), Wayan Koster (Sekretaris Umum), AAK Diatmika (Koordinator Puldok) dan Wayan Suharta (Ketua V). Selain mengundang Menag, panitia juga berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono hadir pada acara Dharma Shanti Nyepi yang dilaksanakan 20 Maret 2011 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

Menag mengingatkan agar umat Hindu selalu meningkatkan keimanan, peningkatan pengamalan dan penghayatan agama sehingga menjadi umat Hindu yang berkualitas yaitu mengamalkan ajaran agama dengan benar. Dengan demikian, kata Menag, umat Hindu akan menjadi warga negara yang penuh dengan iman, ketenangan, kesejukan, dan kebersihan hati.
Pada saat ini, kata Menag, kerukunan dan kehidupan umat beragama di Indonesia sedang diuji. Namun, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini yakin, umat Hindu memberi contoh yang baik pada warga negara lainnya tentang toleransi dan kerukunan umat beragama.

Melalui forum perayanan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933 ini, Suryadharma mengharapkan umat Hindu dapat menularkan kearifan tersebut atau perilaku keagamaan kepada umat beragama yang lain agar kerukunan umat, kerukunan antarwarga negara, kerukunan sesama saudara sebangsa bisa terwujud dengan sebaik-baiknya.

0 comments:

Post a Comment